D-1
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pemrograman Dasar
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Mendiskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami
penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
3.2
Memahami
struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
3.3
Memahami
struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan
serta
3.4
Menerapkan
bahasa pemrograman
3.5
Menerapkan
penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
3.6
Menerapkan
struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
3.7
Menerapkan
struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman
3.8
Menerapkan
keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menggunakan
algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan
4.2
Menggunakan
algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan
4.3
Memecahkan
permasalahan dengan algoritma perulangan
4.4
Mengolah
algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
4.5
Mengolah data
menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
4.6
Memecahkan
masalah menggunakan struktur kontrol percabangan
4.7
Memecahkan
masalah menggunakan struktur kontrol perulangan
4.8
Menganalisa
kesalahan dalam program komputer
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Mendiskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari.
1.4
Meningkatkan
nilai-nilai keimanan dalam upaya untuk mencegah pengaruh negatif
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Mendiskripsikan operasi aritmatika
3.2
Mendiskripsikan operasi logika
3.3
Memahami
penggunaan array 1 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.4
Memahami
penggunaan array 2 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.5
Memahami
penggunaan array multidimensi untuk penyimpanan data di memori
3.6
Memahami operasi string
3.7
Mendiskripsikan konversi antar tipe data
3.8
Memahami konsep pointer
3.9
Mendiskripsikan penggunaan fungsi
3.10
Memahami penggunaan fungsi rekursif
3.11
Menerapkan
pointer ke fungsi
3.12
Menerapkan
header file dalam pemrograman
3.13
Menerapkan
logika pencarian data
3.14
Menerapkan
logika pengurutan data
3.15
Menerapkan
bahasa pemrograman pada aplikasi bisnis
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Memecahkan
permasalahan perhitungan dengan operasi aritmatika
4.2
Memecahkan
permasalahan logika dengan operasi logika
4.3
Menyajikan
kumpulan data berdimensi 1 dalam bentuk array
4.4
Menyajikan
kumpulan data berdimensi 2 dalam bentuk array
4.5
Menyajikan
kumpulan data berdimensi banyak dalam bentuk array
4.6
Memecahkan
permasalahan terkait operasi string
4.7
Memecahkan
masalah konversi antar tipe data
4.8
Memodifikasi
data melalui pointer
4.9
Memecahkan
masalah prosedural menggunakan konsep fungsi
4.10
Memecahkan
masalah prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
4.11
Memodifikasi
data melalui pointer ke fungsi
4.12
Memodifikasi
program prosedural menggunakan header file
4.13
Menyajikan
logika pencarian data pada aplikasi bisnis
4.14
Menyajikan
logika pengurutan data pada aplikasi bisnis
4.15
Memecahkan
kasus aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar